Quotes of The Day

Thursday, January 15, 2009

Jangan Gunakan Tinta Merah untuk Menilai



Para pengajar sebaiknya tidak menggunakan tinta merah untuk mengoreksi hasil pekerjaan siswanya karena hal itu dapat melukai psikis anak didik.
Hasil penelitian para pemerhati pendidikan di Negara Bagian Queeensland, Australia, yang tertuang dalam buku berjudul Good Mental Health Rocks, mengungkapkan penggunaan tinta merah diindikasikan dengan sikap terlalu agresif dan menyerang kelemahan siswa sehingga timbul perasaan tidak berguna.

Buku yang didistribusikan kepada 30 sekolah di Queensland itu juga mengampanyekan agar para pengajar berinisiatif untuk menjadwalkan pengajaran secara privat, tidak segan meminta maaf jika diperlukan, dan membimbing para siswa agar mampu mengolah kemampuan pribadi mereka daripada fokus mencari kelemahan mereka.

Buku itu juga dirancang untuk membantu para guru supaya lebih memperhatikan kesehatan mental murid mereka di dalam kelas.

"Ini merupakan solusi awal dari masalah yang paling serius, yaitu depresi yang sering mengakibatkan tindakan bunuh diri di kalangan remaja," ujar Kepala Dinas Kesehatan Queensland, Stephen Robertson

0 comments: