Quotes of The Day

Thursday, January 15, 2009

Mengapa Beberapa Orang Kidal





Banyak orang tua dari anak-anak yang kidal mencemaskan keadaan ini dan bertanya-tanya apakah mereka tidak boleh mencoba memperbaikinya. Jawaban yang diberikan oleh kebanyakan ahli adalah : Tidak !. Jika ada presensi yang kuat bagi orang yang kidal itu, dan orang itu mampu mengerjakan sesuatu dengan baik dengan tangan kirinya, biarkan saja.


Kira-kira empat persen dari jumlah penduduk adalah kidal. Sepanjang sejarah banyak dari orang-orang jenius yang terbesar yang bertangan kidal ! Leonardo da Vinci dan Michelangelo, pemahat-pemahat terbesar sepanjang jaman, keduanya adalah kidal.


Tentu saja, kita hidup di masyarakat yang "menggunakan tangan kanan" – yaitu, kebanyakan dari hal-hal yang kita digunakan dibuat untuk orang-orang yang menggunakan tangan kanan. Tombol pintu, kunci-kunci, obeng-obeng, mobil-mobil, alat-alat musik – bahkan kancing baju kita – diatur untuk orang-orang yang menggunakan tangan kanan. Hal ini mungkin menyebabkan orang-orang yang menggunakan tangan kiri harus membuat penyesuaian tertentu, tetapi sebagian besar dari mereka dapat mengatasinya dengan sangat baik.


Tidak ada satu penjelasan yang diterima tentang apa yang membuat kebanyakan orang menggunakan tangan kanan dan sebagian kecil orang menggunakan tangan kiri. Ini adalah suatu teori: Tubuh tidaklah "simetris," yaitu, tidak sama persis pada kedua sisinya. Sisi kanan wajah kita sedikit berbeda dengan sisi kiri. Kaki kita tidak sama kuat. Ke dua telapak kaki kita agak berbeda ukurannya. Dan "asimetri" ini terjadi pada seluruh tubuh kita.


Sekarang jika kita berbicara tentang otak, kita menemukan bahwa sementara otak mempunyai belahan kanan dan belahan kiri, ke dua belahan ini tidak berfungsi dengan cara yang sam. Orang-orang berpendapat bahwa belahan kiri otak lebih dominan dari belahan kanan.


Saraf-saraf dari otak bersilang pada bagian leher dan sampai ke sisi tubuh di hadapannya. Belahan kanan otak melengkapi belahan kiri tbuh, dan sebaliknya.


Sekarang, karena belahan kiri otak lebih dominan, belahan kanan tubuh lebih terampil, lebih mampu melakukan segala sesuatu. Kit membaca, berbicara, dan bekerja dengan belahan kiri otak. Dan ini tentu saja membuat kebanyakan dari kita juga menggunakan tangan kanan. Tetapi dalam hal orang-orang kidal, ada "pembalikan". Belahan kanan otak lebih dominan, dan orang itu bekerja dengan sangat baik dengan belahan kiri tubuhnya

1 comments:

dakarjainel said...

Harrah's Resort Atlantic City - MapyRO
Harrah's 거제 출장안마 Resort Atlantic 진주 출장안마 City is a 대전광역 출장샵 34-story skyscraper in New London, NJ, U.S.A.. View a detailed profile 경주 출장안마 of the structure 12218 전라남도 출장안마 including further data and